Java Script

Blm Diisi, ntr ya... Silahkan baca-baca aja dulu yah..

07 Februari 2011

Cara menyetir mobil matic

Pada dasarnya mobil matic mempunyai tuas dengan pilihan :

P = parkir, artinya roda depan ( kalau front wheel drive ) mengunci.
D = drive, jika mobil tsb. mempunyai 6 kecepatan seperti Honda Jazz, maka pada posisi ini gigi akan berpindah sendiri dari gigi 1 s/d 6 sesuai RPM

D1= L = artinya pada posisi ini hanya gigi 1 yg dipakai pada tingkat RPM berapapun juga, digunakan
pada tanjakan yg sangat terjal

D2 = pada posisi ini gigi hanya berpindah maksimal hingga gigi2 tidak bisa lebih, tetapi bisa berpindah
ke gigi satu pada RPM tertentu

D3 = pada posisi ini gigi bisa berpindah s/d gigi 3 sesuai tingkat RPM

Pada mobil2 berteknologi modern seperti Jazz dan Yaris anda bisa menggunakan gigi tsb. sesuai karakter mengemudi anda, kalau anda orang yg agressif, pada Jazz ada pilihan gigi 1 s/d 6 yg bisa dipindah layaknya mobil berkopling tetapi tanpa perlu menginjak pedal kopling ( memang tidak ada pedal kopling ).

Untuk Yaris , didalam kota yg padat merayap agar akselerasi garang , anda bisa memakai D2 yg bisa menembus kecepatan maksimal 105 km/jam sehingga sangat memudahkan berakselerasi dan mendahului kendaraan didepan anda..

Tetapi sebaliknya , baik untuk Jazz maupun Yaris, anda tetap bisa menggunakan gigi pada posisi D untuk mengirit BBM , walau untuk akselerasi maupun tanjakan yg sangat terjal, karena perpindahan giginya bukan lagi secara mekanis tetapi sudah diatur oleh ECU.
Untuk akselerasi pada posisi D, injak gas penuh/kick down maka otomatis gigi akan pindah ke posisi satu. Untuk menanjak tidak diperlukan kick down karena ECU akan mengatur gigi berapa yg dibutuhkan mesin pada saat menanjak, tergantung derajat kemiringannya ( gradien) maupun jumlah penumpangnya.
Jadi untuk menanjak versnelling otomatis mesin2 dengan teknologi sekarang sangat enak dikendarai, tidak ada gejala kesulitan ( kekurangan power) sama sekali, beda dengan mobil2 matic dengan teknologi konvensional yg kerepotan pada saat akselerasi maupun tanjakan.

Itu sebabnya mobil2 balap F1 sekarang kebanyakan sudah memakai versnelling otomatis.

Bahkan pada mercedes S class, tuas versnelling disembunyikan, dan hanya muncul pada saat diperlukan, misal dari diam ke mundur atau dari posisi diam hendak maju untuk pertama kali, setelah itu tombol akan terbenam sendiri, jadi jangan kaget bila anda masuk kedalam Mercedes S 600, tidak ada tombol versnelling dan tidak ada pedal kopling. Baru setelah di start tombol tsb . keluar.

1 komentar: